Friday, February 21, 2014

Tips agar baterai android tahan lama

Ponsel menjadi pusat seluruh kegiatan masyarakat modern. Mulai dari mobilitas, penunjang kerja, hingga sarana hiburan. Banyaknya hal yang bisa dikerjakan oleh smartphone seperti Android dan iOS membuat baterai tidak tahan lama.

Inilah cara agar baterai Android awet dan tahan lama


1. Jaga suhu handphone tetap dingin

Suhu ponsel yang terlalu panas akan menyebabkan baterai melemah ketahannya. Terlebih apabila terlalu sering panas, baterai menjadi lebih cepat rusak.

Cara agar baterai tidak cepat panas adalah jangan letakkan ponsel di tempat yang terkenal sinar matahari langsung. Juga jangan terlalu sering bermanin game di ponsel, penggunaan terus-menerus dapat menyebabkan baterai overheating.


2. Turunkan brightness layar dan screen time out

Layar adalah komponen utama dalam sebuah smartphone. Namun layar jugalah penyebab baterai ponsel cepat habis. Untuk itu, bagi anda yang ingin baterai ponsel Android atau iPhone lebih awet maka saya sarankan agar brigthness layar diturunkan.

Selain itu, atur juga kapan layar akan mati secara otomatis bila tidak disentuh. Menurut saya aturlah di waktu 1-2 menit. Lebih dari itu, baterai anda akan sangat cepat habis.

3. Aktifkan power saving mode


Aktifkan power saving mode di setting. Fungsi utama power saving mode adalah ia akan secara otomatis melakukan teknik untuk menghemat baterai seperti mematikan Bluetooth, atau WiFi hingga menurunkan brightness layar.

4. Matikan koneksi yang tidak perlu

Ponsel smartphone baik itu Android, iPhone, hingga Windows Phone dibekali kemampuan untuk menjaga konektivitas penggunanya. Mulai dari Bluetooth, WiFi, hingga 3G. Penggunaan layanan tersebut akan menurunkan ketahanan baterai ponsel.

Jadi untuk menghemat baterai ponsel anda, gunakan fasilitas tersebut dikala anda butuh saja. Jangan digunakan secara terus menerus bila tidak ingin baterai posen cepat habis.

5. Perhatikan penggunaan flash dan wallpaper


Flash di kamera akan memakai daya ponsel yang besar. Karenanya bila di tempat terang jangan gunakan flash kamera.

Beitu pula dengan wallpaper 3D animasi. Wallpaper dinamis akan menghabiskan baterai ketimbang wallpaper statis.

6. Hentikan kegiatan mencari sinyal


Terkadang ada saatnya kita berada di posisi yang susah dapat sinyal. Dalam keadaan ini ponsel kita akan tetap aktif mencari sinyal.

Proses pencarian sinyal ponsel tersebut akan memakan daya tahan baterai. Sehingga bila tidak terlalu dibutuhkan matikan saja paket internetnya.

Artikel Terkait

No comments

Post a Comment

Template desain oleh Coret Suka - Suka Untuk Egg Cellular
Diberdayakan oleh Blogger